Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

1
03.27
            Wilayah NKRI adalah kesatuan antara wilayah darat, laut, dan udara yang membentang muali dari ujung barat yakni provinsi Nangroe Aceh Darussalam hingga ke ujung timur yakni Merauke di Provinsi Papua.Pulau pulau yang berjajar lebih dari 17.000 tersebut dihubungkan oleh laut hingga membentuk NKRI. Sebagai neara kepulauan, hamper dua per tiga wilayah NKRI adalah laut. Wilayah laut bukanlah sebagai pemisah, tapi sebagai penghubung atau menyatukan wilayah daratan.


          Wilayah Indonesia terkenal dengan istilah Nusantara. Kata nusantara berasal dari kata’nusa’ yang berarti pulau serta ‘antara’ berarti berada di antara. Nusantara memiliki arti gugusan pulau yang dihubungkan oleh wilayah laut. Secara geografis, Indonesia berada di wilayah silang. Yaitu diapit benua Asia dan benua Australia serta Samudera Hindia dan samudera Pasifik.
            Indonesia berada di benua Asia, tepatnya Asia Tenggara. Wilayah Indonesia berada pada 6áµ’LU-11áµ’LS dan 95áµ’BT-141áµ’BT. Wilayah Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa. Sehingga Indonesia beriklim tropis dan memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Daerah di Indonesia yang dilintasi Khatulistiwa adalah Pontianak, yang berasal dari provinsi Kalimantan Barat
            Ada beberapa wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Negara lain. Daerah perbatasan Indonesia sangat penting dan rawan . Mengapa? Di tempat yang berdekatan terdapat masyarakat yang berbeda Negara. Berbeda Negara berarti berbeda aturan. Batas Negara yang tidak diawasi akn dikuasai Negara lain. Tentu saja semua itu dapat menimbulkan perselisihan antarnegara.
            Wilayah Indonesia berbatasan dengan Negara lain. Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia adalah Papua Nugini, Timor leste, dan Malaysia. Negara Indonesia juga berbatasan dengan lautan. Batas-batas wilayah Indonesia yaitu:
Wilayah :         1. Utara : Malaysia, Singapura, Filipina
                        2. Timur : Papua Nugini, Timor leste, Samudera Pasifik
                        3. Selatan : Australia, Samudera Hindia
                        4. Barat : Samudera Hindia

About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

1 komentar:

Komentar dengan bahasa yang sopan ya :)